by

Aturan Dasar Membeli Tiket Pesawat Online Murah

Membeli tiket pesawat online sudah sangat mudah ya, Aladiners. Saking mudahnya, sampai-sampai banyak yang tertipu, atau bahkan salah beli tiket karena terselip saat membaca sebelum akhirnya melakukan pembayaran. Menyebalkan memang, ditambah harganya yang kian melambung tinggi. Aladiners pasti berpikir keras untuk liburan menggunakan transportasi udara ini karena banyak pertimbangan sebelum memesannya.

Nah disini Mister akan kasih tahu beberapa aturan sebelum membeli tiket pesawat secara online, dan murah.

  • Pilih Waktu Terbang yang Tepat

Mantapkan waktu liburan Aladiners. Bila memang masih belum pasti untuk cuti, atau izin keluarga, ataupun anggaran liburannya, jangan ambil resiko untuk memesan tiket pesawat. Kenapa? Karena banyak kerugian bila memang tidak jadi menggunakannya. Refund dengan potongan beberapa persen, tergantung dari jarak pembatalan hingga waktu keberangkatan, dan ada yang tidak bisa di refund. Dengan resiko seperti itu, pasti Aladiners benar-benar memikirkan untuk memesan tiket pesawat terbang tersebut. Maka dari itu, Aladiners harus memastikan waktu libur yang pasti sebelum memesan, setelah menemukan waktu yang tepat, Aladiners barulah mulai berburu tiket pesawat murah dan jangan lupa, gunakan promo yang ditawarkan banyak agen perjalanan ataupun pihak maskapai langsung.

  • Bergabung Menjadi Member Maskapai Resmi

Sudah banyak maskapai resmi seperti Garuda dan Citilink yang memberikan manfaat bila Aladiners bergabung sebagai member mereka. Dengan menjadi member, Aladiners akan ditawarkan bermacam tiket pesawat terbang yang lebih murah dibandingkan tidak menjadi member. Ada juga manfaat poin yang ditawarkan saat Aladiners sudah membeli dan menggunakan tiket pesawat terbang tersebut, dan setelah poin sudah terkumpul, poin tersebut bisa ditukarkan dengan tiket pesawat terbang lainnya, ataupun hadiah lainnya, tergantung dengan program apa yang ditawarkan oleh pihak maskapai pesawat terbang tersebut. Dan yang paling penting, Aladiners akan merasa lebih aman dan percaya dengan memesan tiket pesawat terbang dari pihak maskapai resmi karena akan lebih mudah untuk komplain bila memang mendapatkan masalah dalam menggunakan jasa maskapai pesawat terbang tersebut.

  • Transit? Siapa Takut?

Untuk Aladiners yang memiliki waktu banyak dalam liburannya, kenapa tidak mencoba menggunakan tiket pesawat terbang yang rutenya transit di daerah tertentu dahulu? Karena pada beberapa kasus, tiket pesawat terbang yang transit ke daerah lain akan lebih murah dibandingkan terbang langsung menuju tempat destinasi yang ingin Aladiners datangi. Manfaat lainnya dalam menggunakan jasa pesawat terbang yang transit di daerah tertentu adalah, Aladiners bisa menikmati sejenak daerah transit tersebut meskipun tidak jauh-jauh dari bandara, namun juga ada beberapa penerbangan yang jeda waktu transitnya lebih lama dibandingkan biasanya. Dengan begitu, Aladiners bisa menggunakan waktu yang cukup panjang tersebut dengan berjalan-jalan dan sejenak menikmati daerah baru tersebut yang akan meninggalkan kesan lebih untuk Aladiners dalam berlibur. Jadi, cukup panjangkah waktu libur Aladiners? Gunakan saja tiket pesawat terbang dengan rute transit.

  • Jangan Langsung Beli Tiket Pesawat Terbang Pulang-Pergi

“Wah ribet kalau tidak sekaligus membelinya”, “Duh takut malah tidak mendapatkan tiket untuk pulangnya”, “Ah, harganya juga normal kok”, berikut beberapa pendapat teman Mister yang seringkali membeli tiket pesawat terbang sekaligus alias tiket pulang-pergi. Memang tidak salah untuk menggunakan pilihan tersebut, namun beberapa teman Mister akhirnya mengeluhkan bahwa ternyata tiket pesawat terbang untuk kepulangan seharusnya bisa lebih murah dari yang mereka kemarin, atau beberapa agen perjalanan baru mengeluarkan promo yang lebih besar dekat dengan waktu kepulangan Aladiners, yang berarti tiket pesawat terbang untuk pulang tersebut bisa menjadi lebih murah. Nah, dengan beberapa kasus tersebut membuka beberapa mata bahwa membeli tiket pesawat terbang untuk liburan lebih baik membelinya secara terpisah. Nah Aladiners, tips tersebut bisa digunakan ya untuk liburan Aladiners selanjutnya.

  • Bandara Bayangan

Bandara bayangan? Kok kedengarannya seperti terminal bus ya. Tenang, yang dimaksud dengan Bandara Bayangan adalah gunakan bandara yang berada di daerah terdekat dengan destinasi liburan Aladiners. Contohnya adalah, saat Aladiners ingin pergi ke Batu, Jawa Timur. Aladiners bisa memeriksa tiket pesawat terbang ke Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, di Malang. Nah selain bandar udara tersebut, Aladiners bisa menuju Bandar Udara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur. Dengan begitu, Aladiners dapat melanjutkan perjalanan menuju Kota Batu dengan jalur darat sembari menikmati perjalanan, dan Aladiners bisa mampir ke Bakso Presiden yang terkenal di Kota Malang untuk memenuhi kebutuhan perut Aladiners. Setelah mampir di Kota Malang, Aladiners hanya tinggal melanjutkan perjalanan ke Kota Batu yang tidak akan memakan waktu lama deh. Begitu juga bila Aladiners ingin pergi ke kota Yogyakarta. Aladiners bisa menuju Bandar Udara Internasional Adi Sumarno yang berada di Solo, Jawa Tengah, dibandingkan langsung menuju Bandar Udara Internasional Adisutjipto ataupun Bandar Udara Yogyakarta atau biasa disebut Bandara YIA yang baru saja resmi digunakan pada tanggal 7 Mei 2019 yang lalu, kemudian Aladiners bisa melanjutkan ke kota Yogyakarta yang tenang dengan mobil ataupun bus.

Nah Aladiners, apakah sudah tahu kapan bisa liburan? Sudah siap untuk merasakan liburan dengan pengalaman yang belum pernah Aladiners jalani sebelumnya? Bila memang semuanya sudah siap, yuk pesan tiket pesawat terbang untuk liburan Aladiners selanjutnya.