by

Beda Kereta Api Dulu dan Sekarang, Mulai dari Tiket Kereta Hingga Kenyamanannya

Kereta api merupakan alat transportasi yang cukup digemari. Mulai dari harga tiket kereta api yang murah hingga jalur berpemandangan indah menjadi keunggulan dari moda transportasi massal ini. Apalagi kondisi kereta api Indonesia kini semakin bagus, jauh berbeda dari beberapa tahun lalu. Apa saja yang membedakan kondisi perkeretaapian Indonesia dulu dan sekarang?

Perbedaan Kereta Api Dulu dan Sekarang

Bila Anda pernah merasakan kondisi kereta api beberapa tahun yang lalu, Anda pasti bersyukur dengan peningkatan kualitas kereta api saat ini. Kondisinya jauh sangat berbeda terutama dalam beberapa hal berikut ini :

Peraturan yang semakin ketat

Peraturan naik kereta api kini semakin ketat tak seperti dulu. Kalau dulu, penumpang bisa naik hingga ke atas gerbong. Bahkan ada pula yang turun di sembarang tempat sehingga sangat membahayakan. Lebih parah lagi, walau tempat duduk sudah penuh, penumpang masih bisa masuk hingga berdesak-desakan di dalam kereta.

Hal tersebut tentu tak kita rasakan lagi sekarang. Kereta api kini jauh lebih baik dengan peraturan yang lebih ketat. Penumpang kereta sudah mendapatkan tiket kereta dengan nomor kursi sehingga tak ada lagi yang berdesakan. Setiap perjalanan ada pula petugas yang memeriksa penumpang demi menghindari adanya penumpang ilegal. Jadi, penumpang semakin nyaman dan merasa aman ketika naik kereta.

Jadwal keberangkatan

Sekarang jarang sekali kereta api mengalami keterlambatan. Kalaupun ada keterlambatan, hal itu hanya berlangsung selama beberapa menit. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu di mana kereta api bisa terlambat lebih dari 30 menit hingga satu jam. Bahkan keterlambatan sudah menjadi suatu hal yang biasa di masa lalu terutama untuk kereta api ekonomi. Pemandangan penumpang yang tertidur beralaskan koran di sekitar stasiun karena menunggu kereta yang terlambat merupakan pemandangan yang umum di masa lalu.

Fasilitas kereta

Sekarang Anda bisa menikmati fasilitas pendingin ruangan baik ketika memegang tiket kereta api kelas ekonomi maupun eksekutif. Tak hanya itu saja, fasilitas kamar mandi pun jauh lebih baik. Berbeda dengan kondisi gerbong beberapa tahun lalu. Anda hanya bisa menikmati pendingin ruangan bila menggunakan kereta api eksekutif atau bisnis saja. Kondisi kamar mandinya pun hanya seadanya. Hebatnya, kereta api sekarang sudah dilengkapi dengan stop kontak yang memungkinkan penumpang mengisi daya laptop maupun handphone. Jadi, tingkat kenyamanannya sungguh jauh berbeda.

Pembelian tiket kereta api

Pembelian tiket kereta api dulu hanya bisa dilakukan di loket tiket atau calo. Kini, Anda bisa membeli tiket kereta di loket maupun secara online. Proses pembelian tiket secara online pun jauh lebih mudah sehingga Anda bisa melihat harga tiket kereta api jenis apa saja dan tujuan setiap kereta. Proses pencaloan tiket pun sudah tak ada lagi.

Kalau dulu ada satu gerbong yang bisa dinaiki oleh orang-orang bertujuan sama layaknya grup arisan. Jadi, tidak mengherankan jika dulu ada yang beli tiket kereta api bersama-sama. Namun, kini tak ada lagi. Anda bisa beli tiket kereta api dengan nomor kursi yang random atau sesuai dengan keinginan, mau gerbong nomor berapa hingga duduk di dekat jendela atau dekat lorong. Jadi lebih leluasa namun tak sampai berdesakan.

 Penjual makanan

Beberapa tahun yang lalu, Anda masih bisa menemukan pedagang makanan dan minuman yang keluar masuk gerbong. Sekarang, pemandangan tersebut sudah tak ada lagi. Makanan dan minuman kini ditawarkan oleh para pramugara dan pramugari kereta api.

Kondisi Kereta Api Saat Ini

Bisa disimpulkan kalau kereta api sekarang jauh lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Anda bisa merasakannya dari tingkat kenyamanan, kemudahan beli tiket kereta api hingga rasa aman ketika menaiki kereta. Adanya perbaikan kondisi kereta ini tentu memberikan dampak yang sangat baik. Angka penurunan tindakan kriminal jauh menurun karena penumpang tak berdesak-desakan lagi dan mudah diverifikasi setiap saat.

Bandingkan dengan kondisi kereta api jaman dulu di mana penumpang berdesak-desakan bahkan ada yang berdiri. Penumpang yang melebihi batas ini pun memicu tingkat kriminalitas tinggi. Tak hanya itu saja, kalau dulu Anda bisa menyaksikan adanya pengamen yang masuk ke gerbong setiap pemberhentian stasiun layaknya bus antar kota dalam provinsi. Namun kini tak ada lagi sehingga penumpang bisa lebih nyaman dalam perjalanan.

Kereta Api Menawarkan 5 Gerbong Kelas

Peningkatan kualitas pelayanan kereta api kini juga bisa Anda nikmati dengan adanya 5 subkelas yang ditawarkan oleh PT. KAI. Jadi, kini tak hanya kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif saja, tapi juga ada tambahan kelas prioritas dan sleeper train. Kelas ekonomi merupakan kelas dengan harga tiket kereta api paling murah. Meski murah, Anda tetap bisa menikmati pendingin ruangan di gerbong ekonomi.

Sedangkan kelas bisnis dibuat sebagai pembeda dari kelas ekonomi di mana satu bangku untuk satu penumpang dalam susunan dua baris. Sayangnya bangku kelas bisnis belum bisa direbahkan layaknya bangku kelas eksekutif dan hanya bisa diubah arah hadapnya. Kelas eksekutif selama ini dianggap sebagai kasta tertinggi di mana setiap penumpang duduk di bangku yang lebih empuk dan bisa direbahkan hingga 50 derajat. Bangku kelas eksekutif juga disediakan tambahan bantal sehingga lebih nyaman untuk jarak jauh.

Kelas prioritas yang diluncurkan pada pertengahan 2017 lalu menjadi alternatif dari kelas eksekutif dengan perbedaan yang cukup signifikan. Kelas prioritas bisa dinikmati secara pribadi dengan kursi layaknya kursi pesawat lengkap dengan fitur Audio Video On Demand (AVOD). Harga tiket kereta api kelas prioritas tentu jauh lebih mahal daripada kelas eksekutif.

Terakhir, kelas sleeper train sengaja diperuntukkan sebagai subkelas prioritas. Kenyamanan dalam menggunakan gerbong ini sangat terjamin karena Anda bisa menikmati bangku layaknya bangku pesawat kelas bisnis. Bangku dengan partisi dan bisa direbahkan hingga sudut 150 derajat ini benar-benar memberikan kesan yang lebih privat. Harga tiket kereta api kelas ini pun jauh lebih mahal berkali lipat dari kelas eksekutif.

Kereta Api Tetap Menjadi Favorit

Kenyamanan menjadi hal yang paling bisa dirasakan sebagai dampak peningkatan kualitas kereta api saat ini. Mulai dari proses pembelian tiket kereta hingga kelas gerbong yang beragam membuat masyarakat lebih bebas memilih kelas gerbong sesuai keinginannya. Dampak lainnya dari perubahan ini lebih terasa pada peningkatan harga tiket kereta api. Namun, peningkatan harga tiket serasa sepadan dengan tingkat kenyamanan yang ditawarkan.

Selain kenyamanan, keamanan yang cukup baik juga bisa Anda rasakan bila menaiki kereta saat ini. Mulai dari proses beli tiket kereta yang jauh dari calo hingga kondisi gerbong yang kondusif tak berdesak-desakan membuat penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Semua perbaikan yang terus dilakukan oleh PT. KAI ini membuat kereta api semakin diminati oleh masyarakat. Apalagi pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan menggunakan kereta api membuat moda transportasi ini juara di jalur perjalanan darat.

News Feed