by

Jenis Jam Tangan Pria

Jam tangan saat ini memang sudah diketahui bukan hanya sebagai petanda waktu tetapi sebagai pelengkap dari sebuah fashion. Jam tangan dahulu dikenal dengan panggilan wristwatch karena penggunaanya hampir sama seperti sabuk hanya saja digunakan pada bagian pergelangan tangan. Para kaum Adam dan Hawa saat ini selalu berburu untuk bisa mendapatkan jam tangan yang sesuai dengan karakteristik mereka masing masing. Apalagi bagi seorang pria, jam tangan menjadi suatu hal yang wajib digunakan untuk melakukan aktivitas setiap harinya. Bisa dikatakan bahwa jam tangan menjadi statement wear bagi seorang pria begitupun untuk para wanita yang menjadikan statement wearnya berupa tas. Walaupun demikian tidak hanya pria yang harus memilih jam sebagai statement wear, wanita pun harus membuat jam tangan sebagai penanda identik dari dirinya sendiri. Tapi saat ini  jenis jam tangan pria memang lebih maju dibandingkan jam tangan wanita karena memang pembuatannya lebih bertemakan kemaskulinan. Dikarenakan jam menjadi salah satu penilaian seorang pria maka dibutuhkan pengetahuan mengenai jenis jenis jam tangan pria yang harus anda ketahui. Jika anda tidak bisa mengetahui secara tuntas mengenai jenis jam tangan pria akan berakibat fatal untuk anda sendiri ketika membeli jam. So apa saja jenisnya berikut penjelasannya.

Jenis jam tangan pertama adalah jam tangan kasual atau bertema klasik. Jam ini merupakan salah satu jenis jam tangan pria yang paling sering ditemui di toko jam tangan. Banyak sekali jam tangan dengan versi klasik ini dijual dipasaran karena memang bentuknya yang lebih cocok dengan seluruh pakaian yang digunakan. Ciri utama dari jam tangan kasual adalah bahan strapnya yang terbuat dari bahan kulit baik berupa kulit asli maupun berupa kulit imitasi. Desain dari jam tangan ini pun cenderung lebih simple dan juga lebih cantik untuk digunakan pada keadaan santai. Jam tangan kasual biasanya menampilkan jenis waktu saja seperti antara analog maupun digital. Tidak perlu khawatir walaupun dikatakan sangat santai dan kasual tetapi banyak jam tangan yang sudah memiliki fitur waterproof dan juga stopwatch yang sangat sederhana terutama dipakai pada jam berbentuk digital.

Jam tangan jenis kedua adalah jam tangan formal atau sering disebut sebagai jam tangan Dress Watch. Jam tangan ini biasanya digunakan dengan menggunakan style formal yang lebih manis dan juga lebih sopan. Pada jam tangan jenis ini penggunaan strapnya dibuat dengan menggunakan ukuran besar bahkan menggunakan rantai berupa stainless steel. Walaupun strapnya berupa rantai atau stainless steel tetapi sudah memiliki warna yang sangat bervariasi seperti silver dan juga gold. Perlu anda ketahui bahwa jam tangan versi ini memiliki fungsi utama yang berguna untuk menambahkan kesan yang sangat elegan pada beberapa penampilan. Sehungga banyak orang yang senang menggunakan jam tangan yang sifatnya lebih analog dibandingkan dengan digital. Jika anda berada dalam suasana yang sedikit kasual menurut saya penggunaan jam tangan formal mungkin tidak terlalu cocok karena lebih baik digunakan pada keadaan semi-formal. Selain itu Dress Watch ini bisa dipakai diacara acara yang sifatnya resmi atau mungkin ketika anda pergi kekantor.

Jenis jam selanjutnya adalah jam tangan chronograph. Jam tangan ini mungkin sudah sering digunakan oleh banyak orang karena pengunaannya bukan hanya sebagai petunjuk waktu tetapi sekaligus sebagai pengukur waktu alias stopwatch. Kebiasan jam tangan dalam versi ini digunakan ketika anda sangat aktif dalam bidang olahraga atau aktivitas yang membutuhkan perhatian yang sangat ekstra seperti misalnya pengukuran waktu seperti guru maupun dosen untuk mengawasi ujian. Pada bagian desainnya ternyata jam tangan pria yang satu ini memiliki strap yang sangat simple biasanya terbuat dari kulit tetapi lebih kompleks pada bagian jamnya. Jam tangan ini memang akan memberikan kesan yang amat keren dan juga maskulin ketika digunakan. Kalau anda memang jarang menggunakan fitur stopwatch yang ada disini sangatlah mubazir karena akan lebih baik anda menggantinya dengan kasual atau yang formal sekalian karena akan mengurangi budger anda.

Selanjutnya ada jam tangan jenis sporty. Jam tangan ini memang menjadi jam tangan yang sangat bagus banget buat anda yang memiliki kehidupan yang aktif atau suka banget sama yang namanya perubahan tampilan. Jam tangan sporty ini biasanya berupa jam tangan digital atau berupa campuran dengan jam tangan jenis analog. Penggabungan dua buah versi tersebut dikarenakan agar lebih mudah dan juga cepat dalam menunjukkan waktu tentu saja agar lebih akurat juga. Jam tangan ini pun juga memiliki fitur stopwatch, GPS dan waterproof yang bisa membuat kita menjadi lebih mudah dalam melakukan apapun. Bahkan untuk sporty pun didesain dengan sangat berani serta berwarna agak sedikit kontras. Jadi jika anda yang senang dengan olahraga atau pakaian sporty wear cukup menggunakan jam tangan versi ini. jika anda ingin lebih kasual atau monochrome mungkin menggunakan jam tangan ini akan lebih baik dan juga menarik.

Jenis selanjutnya adalah jenis jam tangan Smart Watch. Jam tangan ini sudah mulai ngetren mulai pada tahun 2010 dengan berbagai penawaran fitur yang serba keren. Sesuai dengan namanya jam ini memang multitasking dimana sudah bisa digunakan dengan cara touch screen, bahkan anda menggunakan jam tangan ini bisa langsung terhubung pada smartphone anda sehingga anda bisa melakukan text messaging, pengaturan calendar, music bahkan ada beberapa fitur lain yang bisa digunakan untuk mengukur kondisi vital yang ada pada tubuh manusia. Desain dari smartwatch ini juga sangat bervariasi mulai dari yang simple elegant hingga yang bermotif colorful. Disarankan juga nih untuk anda yang akan membeli smartwatch leih baik sesuaikan dengan gaya hidup anda baik dari fitur hingga desain dari jam tangannya. Anda bisa menggunakannya untuk aktivitas sehari hari baik diavara formal, olahraga dan lain sebaginya tergantung dari jenis fitur dan segala kelebihannya.

Lalu ada jam tangan khusus, disini penggunaan jam tangan khusus ini memang dibuat untuk seseorang yang memiliki profesi tertentu. Penggunaan jam tangan khusus ini bisa mendukung banyak aktivitas secara penuh. Dahulu para profesionalis seperti penyelam dan astronot sering menggunakan jam tangan dengan kelebihan fitur yang sangat mengutama. Memang pembuatan dari jam tangan ini lebih mengutamakan fitur dibandingkan desainnya sehingga penggunanya tidak akan terlihat kampungan malah akan terlihat mewah. Sebagai contoh jam tangan penyelam mengapa penyelam dikarenakan memiliki tingkat water resistance yang jauh lebih tinggi dibandingkan jam tangan sporty maupun jam tangan kasual. Jadi bagi anda yang merasa membutuhkan jam tangan yang memiliki kelebihan khusus anda perlu membeli jam tangan ini karena sangat berfungsi untuk anda yang senang terhadap kecanggihan luar biasa dari jam tangan.