Mengenal Kurikulum Merdeka: Metode, Perbedaan dan Tujuannya

Bisnis536 views

Mengenal Kurikulum Merdeka yang merupakan kurikulum terbaru yang sedang diterapkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan pada 2022.  Pada Kurikulum Merdeka, siswa benar-benar diharapkan dapat mengembangkan kemampuan literasi digital serta numerik yang mereka miliki.

Peluncuran Kurikulum Merdeka juga dibarengi dengan peluncuran platform Merdeka Mengajar sebagai medianya. Platform Merdeka Mengajar sendiri adalah cara mengajar era baru yang dapat menjadi teman penggerak untuk para guru dan kepala sekolah yang dapat diunduh terlebih dahulu melalui smartphone.

Mengenal Kurikulum Merdeka

Mengutip dari laman resmi Kemendikbud, kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran terstruktur yang variatif dimana konten yang dihasilkan akan lebih optimal supaya peserta didik mempunyai cukup waktu dalam memahami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dari sisi pengajar juga mempunyai keleluasaan dalam memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Metode Kurikulum Merdeka

1. Pembelajaran Active Learning

Metode ini akan menjadikan peserta didik lebih aktif dalam belajar dan dipercaya akan menjadikan peserta didik lebih energik dan tangkas.

Beberapa proses yang mewadahi metode ini diawali dari proses memikirkan sesuatu (thinking), kemudian mendiskusikan (discussion), lalu menginvestigasi (investigation) dan pada akhirnya akan menciptakan sesuatu (creating).

Keseluruhan proses ini akan berjalan pada saat penerapannya di dalam kelas. Guru juga akan terbantu dalam hal penguatan materi.

2. Diferensiasi Pembelajaran

Setiap guru juga perlu memetakan dan menggunakan potensi tersebut untuk meningkatkan potensi dan capaian pembelajaran peserta didik. Guru pastinya melakukan asesmen terlebih dahulu untuk memetakan kompetensi, minat dan bakat peserta didik.

Asesmen ini untuk mengukur aspek kognitif dan non kognitif setiap siswa. Kemudian, hasil asesmen tersebut digunakan oleh guru untuk menerapkan pola dan proses pembelajaran yang terdiferensiasi bagi setiap peserta didik.

3. Lebih Sederhana dan Mendalam

Pengukuran terhadap standar kompetensi Lulusan dengan kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Capaian pembelajaran akan menjadi lebih sederhana namun mendalam karena hanya berisi materi-materi yang esensial dan fokus terhadap pembentukan profil pelajar Pancasila dan penumbuhan kompetensi literasi dan numerasi.

4. Capaian Pembelajaran Lebih Fleksibel

Poin dari Kurikulum Merdeka Belajar adalah mengubah proses pembelajaran bukan hanya sebagai pemenuhan kewajiban tetapi menjadi sebuah proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Tujuan Kurikulum Merdeka

Kurikulum baru ini memiliki tujuan untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh dampak pandemi korona. Kurikulum Merdeka merupakan jawaban dari segala permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia.

Kurikulum ini bertujuan agar pendidikan di Indonesia bisa seperti pendidikan di Negara maju lainnya dimana siswa diberikan kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran.

Di samping itu, kurikulum 2022 ini akan memudahkan guru dalam mendampingi peserta didiknya untuk menuju tujuan pendidikan yang diharapkan. Nah, untuk kamu yang lagi cari Map Raport Murah Langsung saja kunjungi webnya untuk info yang lebih lanjut di Jayamap.co.id.