by

Mengenal Lebih Jauh Apa Tugas Dokter Spesialis Penyakit dalam Geriatri

Dokter spesialis penyakit dalam geriatri adalah dokter yang memiliki tugas untuk menangani masalah atau keluhan serta berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Seperti contohnya yaitu sindrom geriatri dan malnutrasi pada lansia. Selain itu juga menangani masalah delirium, imobilitas, gangguan tidur, demensi, disfungsi seksual, osteoporosis, penyakit Parkinson, infeksi saluran kemih serta diabetes.

Kita tahu bahwa dokter yang ahli dalam bidang penyakit dalam atau internis biasanya memang menangani berbagai macam keluhan kesehatan yang terjadi pada pasien yang sudah berusia lanjut. Biasanya penanganannya disini dilakukan dengan mencakup berbagai macam organ dalam tubuh pasien tersebut. Kedokteran yang menangani masalah geriatri sendiri merupakan bagian dalam kedokteran umum. Akan tetapi orang memang lebih mengenalnya dengan sebutan kedokteran penyakit dalam.

Bagi Anda yang masih bingung kapan waktu untuk menemui dokter spesialis ini, berikut adalah kondisi dimana waktu yang memerlukan untuk bertemu dengan dokter spesialis geriatri:

  1. Orang-orang yang sudah lanjut usia. Rata-rata antara usia 60-65 tahun. Meskipun memang terkadang ada orang yang sudah mencapai usia tersebut dan masih dalam keadaan tubuh yang fit dan sehat.
  2. Orang yang memiliki penyakit kompleks. Kebanyakan memang orang yang sudah masuk dalam usia lanjut akan didiagnosa mengalami berbagai macam penyakit di dalam kurun waktu yang sama. Hal ini sebagian besar karena disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh yang sudah mulai menurun secara bertahap. Seperti contohnya adalah mereka yang sudah usia lanjut dan didiagnosa menderita penyakit diabetes. Dan kemudian dalam perkembangan waktu akan mengalami berbagai macam penyakit lain seperti gangguan yang terjadi pada ginjal serta retinopati diabetik.
  3. Orang-orang yang terlalu banyak mengkonsumsi obat. Tidak heran bila seseorang yang didiagnosa mengalami gangguan beberapa penyakit yang serius di dalam tubuh akan mengkonsumsi obat lebih dari satu. Dan ahli geriatri disini akan berusaha untuk membuat agar obat tidak saling memberikan kontradiksi serta membuat pengobatan pasien menjadi lebih sederhana dan ringkas.

Orang yang sudah mencapai usia lanjut memang akan mengalami gangguan kesehatan yang akan terjadi semakin parah. Degenerasi makular yang biasanya memang akan berdampak pada hilangnya penglihatan seseorang. Penyakit ini memang sudah sering terjadi pada orang tua. Selain itu resiko untuk mengalami kanker juga akan mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan proses penuaan dari berbagai kemungkinan genetik seseorang. Oleh karena itu, dokter spesialis yang menangani masalah geriatri ini akan mencoba untuk membantu sekaligus memantau kesehatan orang-orang yang sudah lansia tersebut dengan menggunakan tes skiring atau bisa juga dilakukan pengecekan fisik secara tahunan.

Dokter yang ahli dalam bidang geriatri ini biasanya mereka bekerja pada kondisi dan keadaan yang berbeda. Tidak jarang dari mereka yang bekerja di bidang fasilitas pelayanan kesehatan seperti di rumah sakit maupun klinik. Akan tetapi biasanya mereka juga akan aktif dalam suatu komunitas kesehatan. Salah satunya yaitu di panti jompo atau panti kesehatan. Tidak sedikit juga mereka yang ahli dalam geriatri akan melakukan riset dan bekerja di lab untuk tindakan anti penuaan.

Dokter spesialis penyakit dalam geriatri biasanya tidak hanya bekerja hanya untuk kesehatan fisik saja, akan tetapi juga berusaha untuk menciptakan hubungan sosial yang sehat serta peningkatan kemampuan kognitif. Selain itu juga membantu pasien untuk bisa lebih mandiri dan menyediakan bantuan untuk masalah yang berkaitan dengan hukum seperti surat wasiat dan memilih perawat.

News Feed