by

Mengenal Premi Asuransi Kesehatan

Apakah kamu tahu bahwa banyak istilah dalam dunia perasuransian yang sering kali membuat kamu yaitu sebagai orang awam menjadi sangat pusing olehnya bukan? Ada istilah yang ada dalam dunia asuransi yang sering kali kita dengar yaitu salah satunya istilah yang juga sering menjadi pertanyaan oleh para calon nasabah, mungkin juga kami salah satunya, yaitu apa arti premi asuransi.

Namun ada juga orang yang mengatakan bahwa istilah premi asuransi merupakan harga yang harus kamu bayarkan agar bisa memperoleh sebuah manfaat dari asuransi yang kamu pilih. Dalam harga bayarannya sendiri akan sesuai dengan perjanjian dari perusahaan asuransi. Apabila kamu tidak membayarkan premi asuransi, maka perusahaan asuransi juga tidak akan memberikan ganti rugi tentang risiko yang mungkin akan kamu alami.

Akan tetapi sebenarnya, arti dari istilah premi asuransi juga tidak sesingkat itu. Karena ada banyak faktor serta pengertian premi yang harus kamu tahu dan pahami agar tujuan dari asuransi yang kamu pilih akan lebih mudah kamu cerna. Nah dibawah ini ada penjelasan secara rinci dan sangat tuntas mengenai arti serta pengertian dari premi asuransi.

Penjelasan Arti Premi Asuransi

Istilah premi merupakan salah satu komponen yang terpenting pada program asuransi. Hal ini karena, premi asuransi akan sangat berpengaruh pada pendapatan manfaat dari sebuah program asuransi yang kamu pilih.

Penjelasan ini bisa dikatakan sengat sederhana dan pastinya bisa kamu pahami dengan cepat, premi asuransi merupakan bentuk sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah asuransi (tertanggung) kepada pihak perusahaan asuransi yang berperan sebagai penanggung atau yang punya kewajiban ketika kamu mendapatkan masalah yang telah dicantumkan didalam asuransi kamu, misalnya asuransi kesehatan maka ketika kamu sakit maka pihak perusahaan asuransi akan menanggung biayanya. Dalam pembayaran premi ini punya arti bahwa kamu sudah mengalihkan risiko ataupun kerugian yang mungkin kamu alami dalam jangka waktu ke depan dari perusahaan asuransi tersebut. Maka ketika risiko tersebut tiba-tiba tiba datang kepada kamu, kemudian pihak perusahaan asuransi juga akan mengembalikan premi yang sudah kamu bayarkan dalam jumlah tertentu dan sesuai perjanjian yang ada di dalam polis.

Misalnya saja, kamu telah membeli sebuah polis asuransi kesehatan di perusahaan asuransi PFI Mega Life dengan memilih jenis produk Asuransi Mega Hospital Investa. Dan itu adalah sebuah produk dari PFI Mega Life yang juga menawarkan manfaat yang banyak, seperti pembayaran rawat inap serta hingga santunan ketika pemilik polis telah meninggal dunia.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan manfaat polis tersebut, maka kamu harus terlebih dahulu melakukan pembayaran premi setiap bulannya. Kurang lebih pada nominal premi untuk produk ini sebesar Rp. 500.000,- Baru kemudian setelah itu jika kamu rutin melakukan pembayaran premi setiap bulannya, maka manfaat juga dapat diperoleh ketika memang terjadi sesuatu yang membuat nasabah (tertanggung) mengalami sakit ataupun bahkan meninggal dunia. Akan tetapi jika tidak ada pembayaran premi, maka pengalihan risiko atas biaya rawat inap ataupun santunan meninggal maka tidak akan berlaku.

Penggunaan premi juga biasanya harus dibayarkan setiap bulannya. Skan tetapi, ada juga premi asuransi yang juga menerapkan sistem pembayaran tahunan ataupun setiap satu semester. Dan umumnya asuransi yang dibayarkan setiap setahun termasuk kedalam jenis premi asuransi mikro yang punya nilai tidak terlalu besar. Maka dari itu semua itu tergantung dari jatuh tempo ataupun disesuaikan dengan kewajiban yang tertera pada perjanjian ataupun pada polis asuransi.

News Feed