by

Mitsubishi Keluarkan Truk dengan Sistem Keamanan Terbaru

Blind spot atau titik buta pengemudi dapat menjadi ancaman bagi pengguna jalan raya lain. Dalam arti lain, blind spot adalah kondisi di mana pengemudi mobil tidak melihat atau menyadari keberadaan kendaraan lain yang ada di sekitarnya. Biasanya semakin besar ukuran mobil, maka semakin besar pula titik buta. Truk dan bus merupakan kendaraan dengan kemungkinan blind spot paling tinggi. Area titik buta paling besar truk tepat di belakang bak truk, kemudian ada yang disebut sisi A yang berada di posisi sebelah kanan supir dan depan juga merupakan titik buta truk.

Untuk menghindari kecelakaan, ada aturan tidak tertulis yang wajib diikuti untuk ketika akan menyalip truk. Apalagi bila truk tersebut memiliki ukuran yang besar. Pastikan jalan dari arah berlawanan sudah aman, tidak ada kendaraan yang akan dating dari depan. Untuk menyalip pun usahakan tidak di tikungan, tanjakan, ataupun turunan.

Hadirnya model baru truk canter Mitsubishi diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan karena blind spot dan lemahnya sistem air suspension. Canter terbaru ini mengenalkan fitur keselamatan canggih berbasis Advanced Braking System (AEBS) dan Electronic Stability Program. Untuk pengemudi yang lebih memilih mengedepankan fitur air suspension, Mitsubishi Fighter terbaru diluncurkan dengan ruang kabin yang lebih luas dan serta air suspension seat. Varian baru fighter ini memiliki pilihan sasis yang panjang, medium, hingga super panjang sehingga dapat mengangkut lebih banyak muatan mulai dari 16 hingga 26 ton sekaligus.

Seperti yang diketahui, air suspension dibuat dengan prinsip untuk menggantikan per baja dengan bantalan udara yang dapat diatur tingkat kekerasaanya secara fleksibel sambil berjalan. Fleksibelitas yang sebelumnya membuat dua karakter suspense yang sebelumnya saling bertolak belakang bisa digabungkan dalam satu sistem tanpa masalah. Tanpa adanya sistem suspension di kendaraan, energi tumbukan antara roda dan permukaan jalan akan diteruskan sepenuhnya ke seluruh struktur kendaraan. Kendaraan akan cenderung tetap bergerak lurus meski setir dibelokkan. Pentingnya air suspension ini juga sebagai keamanan truk pada umumnya. Maka, sebelum membeli truk, ada baiknya dipertimbangkan fitur mana yang lebih dibutuhkan berdasarkan kebutuhan.

News Feed