Pentingnya Memahami Rumus dan Fungsi Excel Sum

Gaya Hidup283 views

Untuk bisa menyelesaikan sebuah hitungan yang sederhana dalam sehari-hari, kalian mungkin hanya akan membutuhkan sebuah kalkulator ataupun alat penghitung yang lainnya. Tapi jika yang kalian lakukan merupakan sebuah perhitungan dengan melibatkan banyak sekali angka dan juga data, tentunya kalian membutuhkan Microfot Excel karena memang di dalamnya ini terdapat banyak sekali fungsi dari rumus otomatis yang nantinya akan bisa memudahkan perhitungan kalian.

Dan salah satu fungsi yang cukup sederhana yaitu rumus Excel Sum untuk bisa mencari sebuah total dari keseluruhan data yang akan dijumlahkan. Untuk kalian yang masih awan, mungkin masih bingung dan juga belum tahu tentang apa itu fungsi Excel Sum dan bagaimana cara untuk menggunakannya. Pada artikel kami kali ini akan memberikan kalian beberapa penjelasan tentang fungsi dan juga cara untuk menggunakan rumus SUM yang ada di Excel.

Fungsi Rumus SUM pada Excel

Rumus Excel SUM sendiri merupakan sebuah rumus yang sederhana tetapi mempunyai banyak sekali manfaat. Dengan rumus yang satu ini, kalian sudah tidak perlu lagi untuk menggunakan kalkulator untuk bisa menghitung sebuah data yang terdapat di dalam Microsoft Excel karena memang rumus ini akan secara otomatis untuk bisa menjumlahkan sebuah data yang kalian pilih. Kalian hanya tinggal memasukkan fungsi dari rumus tersebut dan kemudian pilih rentang atau grup sel yang nantinya akan dijumlahkan.

Penggunaan rumus sum Excel digunakan untuk kalian yang sedan ingin menjumlahkan beberapa buah angka di dalam grup sel. Fungsi yang satu ini juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas penjumlahan sebuah data ataupun untuk menambahkan semua angka yang sebelumnya sudah kalian tentukan sebagai suatu variabelnya. SUM pada Excel nantinya akan bisa memungkinkan kalian untuk menjumlahkan banyak sekali data dengan lebih cepat, dan pastinya risiko keliru yang bisa dibilang cenderung lebih minim.

Rumus dari Excel SUM

Untuk bisa mengaplikasikan sebuah rumus Excel SUM, kalian bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Tentukan sebuah kolom kata ataupun angka yang nantinya ingin kalian cari penjumlahannya.
  2. Kemudian kalian pilih kotak atau sel tempat untuk hasil dari penjumlahan yang nantinya akan diisikan.
  3. Masukkan sebuah rumus Excel SUM, yaitu seperti =SUM.
  4. Setelah itu, kalian bisa ketikan sebuah referensi dari sel pertama, titik dua, dam kemudian referensi sel yang terakhir. Misalnya =SUM(A2:A4).
  5. Jika sebuah referensi sel yang nantinya akan kalian hitung jumlahnya sudah benar, langkah selanjutnya kalian bisa tekan Enter yang ada di keyboard. Nantinya secara otomatis, Excel akan bisa menjumlahkan sebuah angka yang terdapat di sel A2 sampai dengan A4.

Cara Menggunakan Auto SUM

Selain kalian menggunakan cara manual untuk bisa menambahkan fungsi SUM yang ada pada Excel, kalian juga bisa untuk memanfaatkan sebuah fitur Auto SUM untuk bisa mendapatkan suatu hasil penjumlahan dengan lebih cepat. Auto Sum sendiri digunakan untuk bisa menjumlahkan suatu baris atau kolom angka secara lengkap dengan berurutan, dengan caranya seperti yang berikut ini:

  1. Kalian bisa klik ke dalam sebuah sel yang ada pada akhir daftar dari deret angka yang nantinya akan kalian jumlahkan, hal ini bisa kalian lakukan di bagian samping nomor ataupun bagian bawah yang akan diberikan.
  2. Jika kalian menggunakan Windows, kalian bisa tekan tombol Alt dan juga = yang ada pada keyboard dengan bersamaan.
  3. Setelah itu, kalian bisa sorot sebuah sel yang akan kalian jumlahkan.
  4. Pastikan juga kalian sudah memilih sebuah sel yang benar agar nantinya hasil dari penjumlahannya bisa tepat.
  5. Jika sudah, tekan tombol Enter dan kalian sudah bisa melihat hasilnya.