by

Pentingnya Menjaga Hidrasi Ketika Penerbangan

Menjaga tubuh dan pikiran untuk tetap dalam kondisi bugar setiap saat memanglah sangat sulit dilakukan,apalagi disaat kita sedang sibuk dalam kegiatan sehari-hari. Terutama,disaat kita akan berpergian untuk rentang waktu perjalanan yang cukup lama. Salah satu moda transportasi yang sering kali digunakan untuk melakukan perjalanan jauh, yaitu Pesawat Terbang. Cara termudah untuk mendapatkan manfaat air putih dan tetap menjaga badan dalam kondisi bugar adalah dengan meminum air secara berkala ketika kita sedang melakukan penerbangan.

Seberapa Penting Kita Harus Minum Air Ketika Penerbangan?

Beberapa masalah kesehatan umum yang mempengaruhi penumpang pesawat, misalnya, seringkali diakibatkan oleh kurangnya kelembaban di udara kabin, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Air di dalam kabin pesawat biasanya memiliki tingkat kelembaban 10 hingga 20 persen – jauh lebih rendah dari kelembaban dalam ruangan, yaitu 30 hingga 65 persen. [1]. Untuk alasan ini, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi saat Anda berada di pesawat, dengan cara meminum air secara berkala. Selain itu, penting diingat untuk tidak meminum alkohol sebelum menempuh perjalanan udara, karena alkohol dapat mengeringkan tubuh hingga ke dalam sel. [2]

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah mulai dari ketidaknyamanan ringan yang disebabkan oleh kulit kering dan mata gatal hingga masalah yang berpotensi mengancam jiwa, seperti masalah dengan pernapasan bagi orang yang memiliki kondisi pernapasan seperti asma. Dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, kata William L. Sutker, MD, kepala penyakit menular di Baylor University Medical Center di Dallas.[1]

Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Dalam Penerbangan?

Menurut Aerospace Medical Association,”Minum air ketika melakukan perjalanan baik dilakukan sebanyak 8 ons setiap jam. Dan disarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol, teh, kopi dan minuman berkafein lainnya, karena minuman- minuman tersebut dapat menghilangkan cairan tubuh” [3]

Tetapi kita tidak harus meminum air secara berlebihan yang berakibat pada penumpukan botol atau wadah air yang kita gunakan, sekaligus tidak banyak membantu dalam kelembaban tubuh. Jika kita minum terlalu banyak air dan terlalu cepat, maka akan mencairkan darah kita, yang menyebabkan ginjal kita mengeluarkan air lebih cepat, dan itu berarti kita akan buang air kecil secara terus menerus, sebelum tubuh kita memproses air yang masuk ke tubuh kita untuk dijadikan cairan yang membantu kita menghindari dampak dehidrasi. Jadi sangat tidak disarankan meminum air secara berlebihan dan secara cepat dalam waktu [4]

Ada baiknya kita membawa sendiri minuman yang akan kita minum,dikarenakan untuk menjaga kehigienisan air itu sendiri. Disarankan untuk meminum air mineral dalam penerbangan jangka pendek maupun jauh. Dan AQUA adalah air minum dalam kemasan yang mudah untuk dibawa kemana saja.

Pentingnya Membawa AQUA Ketika Melakukan Perjalanan

Seperti penjabaran diatas, bahwa ketika kita sedang melakukan perjalanan, khususnya penerbangan, kita harus menjaga tubuh kita tetap bugar dan menjaga hidrasi untuk tetap stabil. Banyak manfaat air putih yang bisa kita dapatkan dan kandungan-kandungan yang terdapat dalam AQUA sangat membantu kita untuk menjalani semua aktivitas kita. Berikut, beberapa zat-zat yang terkandung di AQUA: Silika, yang berfungsi  untuk menjaga keutuhan dan kinerja jaringan pembuluh darah, Dengan kata lain, minum air putih dapat membuat tubuh Anda tetap fit. Magnesium dan Kalsium, kandungan air putih ini berperan penting dalam struktur tulang, kontraksi otot, transmisi impuls saraf, pembekuan darah, dan pengiriman sinyal pada sel. Apabila kita kekurangan zat ini, maka akan berdampak langsung pada fungsi saraf, yang dapat mengakibatkan anoreksia, kelemahan otot, kelelahan, dan ketidakseimbangan dalam berjalan. Natrium dan Kalium, Kedua kandungan air putih ini penting dalam mengatur keseimbangan cairan dan fungsi sel, serta menjaga fungsi saraf yang mengendalikan jantung. Zink dan Selenium, kandungan air putih yang berperan penting dalam pembentukan inti sel (DNA) dan protein, serta turut bekerja di sekitar 300 enzim dalam tubuh manusia. Bersama selenium, zink menjaga kesehatan saraf otak, dan juga dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh.[5]

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

Selain itu AQUA juga sangat amat mudah untuk ditemukan di sekitar kita, Seperti warung, Supermarket, Minimarket, Pasar Swayalan, Kantin, dan lain sebagainya. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa AQUA dalam setiap perjalanan kita.

  1. https://www.everydayhealth.com/healthy-travel/air-travel-and-dehydration.aspx
  2. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2630107/berapa-banyak-air-yang-harus-diminum-saat-naik-pesawat
  3. https://www.asma.org/asma/media/asma/Travel-Publications/HEALTH-TIPS-FOR-AIRLINE-TRAVEL-Trifold-2013.pdf
  4. https://melmagazine.com/en-us/story/if-youre-chugging-water-to-hydrate-youre-doing-it-wrong
  5. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda

News Feed