by

Penyebab Gigi Berlubang dan Perawatannya

Gigi berlubang yang tidak lekas ditangani berisiko menimbulkan peradangan. Peradangan yang terjalin hendak menimbulkan rasa perih serta sakit gigi, paling utama dikala mengunyah santapan. Cari ketahui pemicu gigi berlubang serta metode mengatasinya dan pasta gigi yang pas buat gigi berlubang dalam postingan berikut.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan keadaan rusaknya jaringan gigi sehingga tercipta lubang. Gigi berlubang biasanya diakibatkan oleh kuman yang menumpuk pada mulut. Tidak hanya itu, mengkonsumsi santapan ataupun minuman manis, dan tidak melindungi kebersihan mulut pula menimbulkan gigi berlubang. Gigi berlubang bisa dirasakan oleh siapapun, tercantum orang berusia, anak muda, kanak- kanak, serta balita.

Tetapi, mayoritas gigi berlubang dirasakan oleh kanak- kanak serta anak muda. Gigi berlubang yang tidak lekas ditangani dapat mengganggu susunan gigi sampai ke bagian dalam. Keadaan tersebut bisa menimbulkan kehancuran yang parah. Bila telah parah, gigi berlubang bisa menimbulkan peradangan sampai gigi mati. Oleh sebab itu, melindungi kebersihan gigi merupakan perihal berarti buat penangkalan dini.

Pemicu Gigi Berlubang

Pemicu gigi berlubang awal mulanya senantiasa diisyarati dengan terdapatnya plak pada gigi. Plak yang menempel secara lama- lama hendak menggerogoti lapisan- lapisan pada gigi sampai membentuk lubang. Tidak hanya itu, pemicu gigi berlubang antara lain:

• Sering komsumsi santapan yang banyak memiliki gula ataupun asam.

• Tidak melindungi kebersihan mulut semacam tidak sering menggosok gigi ataupun mensterilkan gigi.

• Bertambahnya umur.

• Kondisi mulut kering.

• Tidak memakai pasta gigi yang memiliki fluoride.

• Memiliki kendala makan semacam anoreksia ataupun bulimia.

• Memiliki penyakit asam lambung semacam maag.

Tidak hanya itu, posisi gigi pula bisa menimbulkan gigi berlubang. Misalnya gigi bungsu. Gigi bungsu yang lokasinya di balik terkadang susah buat dibersihkan. Dampaknya, sisa santapan kerap tertinggal serta menimbulkan plak.

Metode Menanggulangi Gigi Berlubang

Metode menanggulangi gigi berlubang berbeda- beda, bergantung keadaan yang dirasakan. Opsi cara mengatasi gigi berlubang meliputi:

Perawatan fluoride

Perawatan fluoride dicoba bila gigi berlubang baru saja timbul. Perawatan fluoride hendak menolong memulihkan susunan email gigi yang terkikis. Opsi perawatan fluoride bisa berbentuk gel, cairan, busa, ataupun obat yang dibalurkan pada gigi berlubang.

Tambal gigi

Perawatan dengan melaksanakan tambal gigi dicoba bila gigi sudah membusuk. Sepanjang proses tambal gigi, dokter hendak membuang bagian gigi yang rusak dengan bor. Sehabis gigi yang rusak dibuang, hingga selanjutnya merupakan proses tambal gigi. Tambal gigi hendak memakai bahan spesial semacam porselen, komposit resin, emas, ataupun perak.

Crown

Opsi penyembuhan crown hendak diseleksi bila pembusukan gigi sudah meluas serta keadaan gigi melemah. Aksi crown dicoba dengan metode memasang mahkota gigi palsu di atas gigi yang berlubang. Saat sebelum memasang mahkota gigi, dokter hendak membuang bagian gigi yang sudah rusak serta menyisakan sebagian kecil selaku tumpuan. Bila telah, hingga mahkota gigi palsu hendak dipasang diatasnya. Mahkota gigi palsu terbuat dengan bahan yang sama semacam membuat gigi palsu, ialah porselen, komposit resin, ataupun emas.

Perawatan saluran pangkal gigi

Perawatan saluran pangkal gigi dicoba bila kehancuran sudah hingga ke pangkal gigi. Perawatan ini dicoba buat membetulkan serta menyelamatkan gigi yang sudah rusak parah tanpa wajib mencabut gigi.

Cabut gigi

Cabut gigi umumnya dicoba bila gigi berlubang telah hadapi kehancuran parah serta tidak bisa dipulihkan. Aksi mencabut gigi berlubang hendak meninggalkan celah. Buat mengatasinya, Kamu dapat melaksanakan pemasangan gigi palsu ataupun implan gigi.

Gigi berlubang pula bisa menimbulkan rasa perih. Buat mengatasinya, Kamu dapat melaksanakannya dengan menjauhi santapan serta minuman yang sangat panas ataupun dingin. Tidak hanya itu, Kamu pula dapat komsumsi obat pereda perih selaku solusinya.