by

Ternyata Inilah Penyebab Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Ketika melahirkan setiap perempuan tentunya menginginkan anaknya lahir dengan sehat. Maksud sehat sendiri adalah lahir lengkap tanpa cacat, mempunyai berat badan yang ideal, dan juga tidak lahir secara prematur. Salah satu kondisi yang membutuhkan perawatan khusus adalah ketika bayi berat badan lahir rendah (BBLR). Masalah ini adalah ketika anak lahir dengan berat badan yang lebih rendah dari berat rata-rata. Untuk berat lahir rata-rata adalah 2,5 kg hingga 3 kg, sehingga apabila anak lahir di bawah berat tersebut maka bisa disebut BBLR. Terlebih ketika ia lahir dengan berat kurang dari 1,5 kg maka berat tersebut sangat rendah dan perlu untuk mendapatkan perawatan khusus.

BBLR sendiri merupakan kondisi ketika anak lahir secara prematur dalam kehamilan kurang dari 37 minggu. Selain itu kondisi ini juga pada umumnya disebabkan oleh gangguan perkembangan yang dirasakan saat masih janin di dalam kandungan. Oleh karena itulah ketika lahir anak akan mengalami masalah berat badan rendah. Ketika lahir dengan berat badan yang lebih rendah di bawah rata-rata nantinya mereka harus mendapatkan penanganan yang khusus. Karena anak tersebut akan lebih rentan mengalami sakit dan juga infeksi. Semakin rendah berat badannya maka juga perlu mendapatkan perawatan yang lebih banyak dan intensif.

Oleh karena itulah bagi Anda yang mempunyai anak lahir dengan berat badan rendah, tidak hanya mempunyai tubuh yang kurus, mempunyai lemak yang sedikit, dan juga kepala yang lebih besar. Pada kondisi BBLR juga dapat mempunyai masalah kesehatan yang terjadi, seperti misalnya kondisi seperti berikut ini:

  1. Kondisi pertama adalah bisa mengalami kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia.
  2. Kondisi selanjutnya adalah mempunyai masalah dalam menyusu.
  3. Mempunyai masalah dalam menaikkan berat badan.
  4. Mempunyai masalah dapat mempertahankan suhu tubuh yang akan membuatnya tetap hangat.
  5. Mempunyai masalah dengan sel darah merah yang lebih banyak dan juga darah yang terlalu kental.

Oleh karena itulah untuk menghindari BBLR maka sebaiknya melakukan upaya pencegahan akan kondisi itu. Dimana beberapa cara yang bisa digunakan adalah dengan selalu melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter kandungan. Saat hamil Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter agar dapat mengetahui kondisi janin dan mencegah berbagai masalah yang mungkin timbul pada janin termasuk juga kondisi BBLR.

Selain kelahiran prematur yang lahir sebelum waktunya, kondisi berat badan lahir rendah ini sendiri bisa disebabkan karena resiko lahir yang seperti di bawah ini:

  1. Kondisi ketika janin yang tidak tumbuh dengan baik selama masa kehamilan. Hal ini disebut dengan Intrauterine growth restriction.
  2. Kondisi janin yang menderita kondisi gangguan kesehatan bawaan.
  3. Anak kembar yang membuat tidak banyak ruang di dalam perut ibu hamil.
  4. Kehamilan di saat usia muda yaitu kurang dari 15 tahun.
  5. Ibu hamil yang mengalami malnutrisi, menggunakan Napza, dan mengkonsumsi alkohol.

Kondisi di atas merupakan hal yang dapat membuat resiko bayi berat badan lahir rendah yang bisa diatasi atau bisa dikonsultasikan dengan dokter. Masalah kesehatan ini sendiri sebaiknya ditangani dengan baik dengan melakukan pencegahan yang optimal. Karena apabila lahir dalam berat badan rendah, nantinya anak juga bisa terjadi komplikasi yang berbahaya mulai dari gangguan perkembangan paru-paru, masalah pernafasan, masalah neurologis, masalah gastrointestinal, dan terakhir bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak.

News Feed