by

Tips Hemat Memilih Spare Part Mobil Asli

Tips memilih sparepart mobil Toyota Asli tetapi tetap hemat dan menjadi catatan penting bahwa harga spare part mobil biasanya tergantung dari mobilnya itu sendiri, semakin mahal harga mobil biasanya harga spare part juga semakin mahal, jika dibandingkan dengan mobil yang harganya lebih murah.

Dan perlu juga jadi catatan bahwa spare part asli bukan berarti sesuai dengan merek mobilnya, terkadang spare part asli mobil A bisa ditemukan pada mobil tipe B. Saat dipakai di mobil A spare part menjadi lebih mahal jika dibandingkan saat dipakai di mobil B, itu adalah gambarannya.

Kita tahu bahwa memiliki kendaraan roda empat tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memberikan perawatan. Bahkan harga perawatan bisa lebih mahal dari harga mobil apalagi untuk Anda yang memiliki hoby modifikasi. Selain dana yang dikeluarkan untuk bahan bakar, perlu juga mengeluarkan dana untuk ban mobil, kampas rem, ganti oli, service ac mobil serta berbagai perawatan lain.

1. Memahami ketentuan yang ada dalam buku servis

Seluruh produsen mobil sudah memberikan panduan untuk waktu-waktu pergantian semua bagian spare part mobil. Di waktu servis pertama hingga servis kesekian kalinya memerlukan penggantian satu macam spare part (minimal).
Nah, untuk menekan budget, Anda bisa mengganti sesuai ketentuan yang ada dalam buku servis berkala kendaraan sesuai jenis servisnya. Ini karena semua yang ada dalam buku servis sudah diatur sehemat mungkin oleh produsen mobil tersebut.

Sehingga Anda bisa mengganti sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan dasar mobil atau mana yang paling penting dan membuat pengeluaran ketika perawatan bisa lebih terkendali.

2.  Membeli spare part Non Genuine

Tidak selamanya spare part Non Genuine tidak bagus, banyak juga kita temukan dipasaran spare part non Genuine yang kualitasnya lebih bagus, terutama untuk spare part pendukung seperti spare part cooling sistem. Seperti kita ambil contoh adalah water inlet, water inlet mesin atau rumah thermostat mesin asli bawaan kendaraan menggunakan bahan bukan logam, sementara di pasaran bisa kita temukan water inlet dengan bahan logam aluminium yang lebih kuat dan tahan panas.

3. Siasati dengan mengetahui nomor Spare Part

Mengetahui nomor part atau angka yang ada pada spare part terkadang memberi keuntungan yang lebih banyak dan lebih hemat, salah satu contoh yang bisa dipraktekan adalah untuk spare part drive belt atau tali kipas, kalau kita membeli drive belt untuk mobil A misalnya harga bisa mencapai jutaan, dengan mengetahui nomor atau ukuran drive belt maka kita bisa mendapatkan drive belt dengan harga yang lebih murah, bahkan bisa setengah harga kalau kita tahu ukurannya. Karena dipasaran banyak merek drive belt atau tali kipas.

4. Memastikan tidak mengubah setting mesin mobil

Dalam kondisi tertentu, spare part yang Anda butuhkan bisa jadi tidak tersedia atau menjadi komponen yang jarang terjadi kerusakan. Sehingga tidak semua toko atau bengkel menyediakan spare part mobil tersebut, padahal mobil dalam situasi dibutuhkan. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa menggantinya dengan spare part diluar merk yang biasa dipakai dan perlu disadari dengan mengganti merek akan ada kemungkinan menyebabkan usia pakai yang berbeda.  Jika kamu ingin membeli sparepart mobil dengan kualitas original kamu bisa beli di mobilkoreapart.com.