by

Tips Merakit Komputer Gaming

Untuk para pecinta gamer pastinya menginginkan PC atau Personal computer yang mempunyai spesifikasi yang mumpuni, banyak dari para gamers menyisihkan uang mereka untuk membeli beberap spare part atau komponen komputer yang memiliki kualitas baik, seperti GPu ataupun motherboard yang sudah memiliki nama seperti MSI yang akhir akhir ini mengeluarkan, seri terbaru buat para gamers yaitu MSI X 570. Untuk bisa merakit seperangkat komputer gaming yang okey, perlu beberapa komponen yangdisiapkan. Dengan harga nya yang tentu bervariasi, tentunya. Yuk, kita cek satu per satu.

Yang pertama sudah pasti menyiapkan CPU dan MotherBoard 

Karena kedua hal ini merupakan komponen utama untuk sebuah komputer, bukan hanya komputer gaming. Keduanya ini tak bisa dipisahkan. CPU diharuskan kompatibel dengan rangkaian motherboard tau Mobonya. Untuk merakit sebuah PC gaming, anda membutuhkan CPU juga motheboard dengan performa yang harus mumpuni. Untuk mobo, kamu bisa melirik merek MSI seri X570. Lumayan menguras kantong, namun dijamin akan puas dan juga terpenuhi ambisi bermain game dengan lancar. Makin modern CPU semakin baik kinerjanya seperti i5 6000 atau pun AMD ryzen.

RAM Atau Random Acces Memory 

Jika hanya kemampuan motherboard serta CPU saja yang keren, semua takkan optimal jika tidak didukung oleh RAM juga kemampuan memori tinggi. Untuk prosesor paling baru dengan motherboard yang mumpuni seperti MSI X570, untuk minimal RAM DDR4 dirasa sudah cukup untuk disandingkan. Namun jika ada budget lebih, Jangan tanggung-tanggung. Anda bia menggunakan kapasitas minimal RAM sebesar 16GB, karena lebih besar lebih baik juga kinerjanya. Untuk Mereknya ada banyak pilihan. Namun Ideaalnya menggunakan dua batang RAM dengan kapasitas masing-masing 8GB.

Kartu Grafis Atau VGA card 

Untuk gaming, video editing, serta desain grafis, komponen ini tidak boleh terlewatkan. Kartu grafis berfungsi untuk mengimplementasikan script grafis dari CPU ke dalam monitor komputer. Semakin canggih kartu grafis yang dimiliki komputer, semakin detail halus dan juga mampu mempunyai resolusi grafis yang memukau. VGA Card berkualitas tinggi dapat memainkan grafis dengan resolusi tinggi, semisal 1080p, juga dapat tetap digunakan untuk beberapa tahun ke depan.

SSD Solid State Drive (SSD)

Selain Hardisk Atau HDD teknologi saat ini adalah fitur dari Solid State Drive atau SSD. SSD merupakan memori internal komputer yang saat ini mempunyai kecepatan transfer data yang cukup cepat dibandingkan Hardisk. Hard drive biasa memang masih bisa kompatibel, tapi akan lebih asik lagi jika menggunakan SSD dengan kapasitas sekitar 500GB atau lebih.

Power Supply 

Untuk memberikan daya pada semua komponen yang terpasang dalam satu komputer, pastinya membutuhkan power supply dalam satu komputer. Power Supply yang baik adalah yang bisa menyalurkan daya yang stabil atau power supply yang pure dengan jumlah watt yang besar.

Kotak casing 

 Jika semua komponen diatas telah tersedia, saat nya menyiapkan casing komputer. Ada bainya menggunakan casing yang mempunyai ventilasi yang baik. Beberapa user memilih memakai casing dengan lampu LED yang lebih menarik. Anda juga bisa memilih nya sesuai selera juga budget yang akan anda keluarkan.

Cpu Cooler

Yang paling disepelekan oleh user adalah CPU cooler atau pendingna dan juga kipas, yang merupakan pendukung performa CPU dan motherboard, Kerja motherboard dan CPU sangat keras sehingga rawan menimbulkan panas dan over heat.